[Orz] Hari Gini Baru Nonton Reply 1988?

Halo hai. Nad disini. Okay kali ini aku pengin banget ngeluarin uneg-uneg aku sehabis nonton Reply 1988. Haha i know it’s very late to watch that drama. Sorry. Aku moody an kalau soal nonton drama. Dan drama aku masih numpuk banyak di laptop yang belum sempet ketonton. Well, aku milih Reply 1988 duluan buat ditonton. Karena emang aku cukup jadi penggemar reply series walaupun selalu telat nonton hehehe.

Aku yakin banget kalian pasti sudah selesai nonton dari kapan tahu, esp for you guys who loves korean dramas so much haha. Gimana? Nyesek ya? Nyesel ya? Sama! Why? Iya emang aku rada kecewa sih sama endingnya. Duh epilognya kurang daripada reply series yang sebelumnya. Dan aku baca-baca review juga mereka pada menyayangkan ending Reply 1988 ini.

Oh iya, mau cerita sedikit soal awal mula aku mau mulai nonton Reply 1988. Jadi ceritanya, aku udah lumayan lama pengin banget nonton ini drama, cuma kendalanya temen aku yang suka nontonin drama ga pada punya drama ini. Pas ditanyain jawabannya ngeselin banget, “Sorry, Nad, aku mah ga nontonin dramanya TvN,” aku dalam hati, “Kampret banget ini bocah satu. Sok bener. Baru kenal drama aja udah belagu. Lihat aja nanti juga situ kesengsem sama dramanya TvN,” dan ternyata bener. Akhir-akhir ini dia cukup sering cerita soal goblin. Spoiling ceritanya. Rasain deh kena batunya katanya gamau nontonin drama TvN.

Alhasil, aku cari-cari lagi temenku yang sering nontonin drama. Dan assa, aku nemuin haha. Awal pas bilang aku pengin minta dia udah spoiling duluan inti ceritanya. Dia bilang, “Reply 1988 nyebelin endingnya. Kandidatnya A sama B, tapi yang jadi malah si C,” nah disini aku mikir emang beneran begitu? Terus coba baca-baca review di google, yang ga spoiling tentunya, kayaknya bener soalnya mereka pada kecewa soal ending.

Nah aku kan jadi penasaran ya, aku tontonin deh itu drama selama berhari-hari hahaha. Sumpah ya sekarang aku udah ga seexcited dulu kalau masalah drama. Hwarang aja baru aku tonton seminggu kemudian, Ya Tuhan.

Di episode-episode awal, emang sih, aku kira si kandidat pertama itu si Sunwoo, soalnya si Deoksun kan suka sama dia. Nah kandidat kedua si Junghwan karena mereka sering teriak-teriakkan. Di reply series sebelumnya kan ‘sang suami misterius’nya yang sering-sering teriak begitu haha. Pemikiran aku aja sih itu. But, sampai episode berapa gitu lupa, tetiba kandidatnya jadi ganti ke si Taek. Nah loh, reply kali ini plotnya bener-bener twist banget.

Selama nonton itu aku masih mikirin kata temenku yang Deoksunnya jadi sama C. Aku kan gatau ya siapa si A dan si B nya menurut temenku. Aku kira si A ya si Junghwan, sedangkan B nya itu si Taek. Kalau si C berarti dia sama Dongryong gitu? Sumpah aku sempet mikir gitu. Soalnya Deoksun sama Dongryong juga kan ada moment ya, walaupun ga banyak sih, sama gaya rambut masa depan suami Deoksun kan mirip punya Dongryong haha sumpah itu analisis yang ga masuk akal sama sekali. Cuma ya gitu deh kalau udah kena spoil, pikirannya jadi kemana-mana.

Sampai di episode akhir-akhir, aku baru sadar. Ternyata si A dan B yang dimaksud temenku itu si Sunwoo sama si Junghwan, dan si C nya itu si Taek. Pas tahu Sunwoo itu suka sama Bora aku secara otomatis aku udah coret dia dari daftar kandidat. Entahlah, aku cuma yakin aja sejak mereka pacaran si Sunwoo ga mungkin jadi sama Deoksun. Jadi kandidatnya tinggal Junghwan sama Taek. Dongryong nya masih. Suer deh, pemikiran Dongryong jadi sama Deoksun itu sampe akhir belum ketahuan siapa si suami misterius itu.


Actually
, aku seneng sih ya kandidat terkuatnya itu si Junghwan sama Taek. Secara mereka berdua yang suka sama Deoksun. Dari reply sebelum-sebelumnya juga kan yang jadi yang suka sama si cewe nya hoho. Awalnya aku emang team Junghwan banget. Secara mereka kelihatan klop kalau lagi berdua, Junghwannya juga kan ga segan-segan buat nunjukin perhatian ke Deoksun. Sebenernya Deoksunnya juga udah nyadar juga kalau Junghwan suka sama dia, emang dasar dulu percaya kalau perempuan itu pantang buat nyatain duluan, jadi dia nunggu Junghwan. Tapi ternyata Junghwan terlalu ragu dan lama sampai akhirnya direbutlah Deoksun sama Taek.

Taek itu pendiam, kelihatan bloon banget, cuma aku rasa dia yang paling dewasa diantara keempat sahabatnya. Dia punya pendirian sih aku rasa, kayaknya semua anak introvert begitu ya hm, kalau dia suka yaudah nyatain gausah pake lama. And taraaa Deoksun akhirnya pacaran deh sama Taek sampai akhirnya nikah.

Sebenernya aku ga terlalu kecewa ya sama suami Deoksun si Taek. Sumpah Bogum itu ganteeeng u.u aku rela kalau Deoksun jadi sama dia. Yang aku sesalkan itu, kenapa ga ada epilog pernikahan mereka? Yang aku tunggu-tunggu dari episode pertama itu ya upacara pernikahannya. Tapi ternyata gada sampai episodenya habis u.u epilognya kurang banyak Writer-nim.

Oh iya, banyak juga yang ngereview kalau mereka tahu si suami itu ternyata Taek pas di episode 20. Dan aku, cuma cengo bacanya. Ya Tuhan, udah kelihatan sejak mereka pacaran. Episode 18 apa 19 deh lupa. Pokoknya aku tahu kalau si Taek itu sang suami sebelum episode 20. Makanya aku kaget di episode 20 gada surprise kayak reply sebelumnya. Aku menyesalkan itu.

Overall sih, aku suka drama ini. Ini favoritku dari reply sebelum-sebelumnya. Bodo amat deh kalau mereka gasuka reply series. Dan aku rasa reply ini genrenya lebih banyak ya. Dari mulai percintaan, persahabatan, kekeluargaan, kerukunan, kebersamaan. Klop banget. Dan konflik dari semua keluarga itu diceritakan di sini. Aku paling sering nangis itu hubungan orang tua-anak. Ah aku sensitif memang kalau soal keluarga begini. Eh iya sama kisah cintanya Junghwan yang ga kesampaian. Itu so nyesek. Walaupun aku ga mempermasalahkan suami akhir si Deoksun, tapi kasihan aja sama Junghwan. Duh ini juga harusnya dikasih epilog, dia ketemu pacar kek, atau dijodohin kek. Di Reply 1994 juga kan walaupun si Chilbong gajadi sama Jung, tetap ada pasangan buat dia. Junghwan Oppa sama aku aja kalau gitu deh.

Dan kata siapa Junyeol itu ga ganteng. Dia ganteng juga mameeen. Aku pertama kali kesengsem sama dia itu di Lucky Romance, iyalah itu drama pertama dia yang aku tonton. Abis itu lihat Glory Day, nangis-nangis juga ini. Baru deh Reply 1988, urutannya ga pas banget sama rilisnya. Salah satu alasan kenapa aku lebih suka 1988 daripada yang sebelumnya itu karena pemainnya ganteng-ganteng. Junyeol, Bogum, Donghwi, dan siapa tuh yang meranin Noeul. Mereka punya karisma masing-masing and fortunately aku bisa lihat itu haha. Paling engga mereka sedap dipandang lah. Cuma ya endingnya itu yang cukup disayangkan.

Aku ngetik non-sense banget ya, unfaedah sekali. Maafkan. Ngetik ngalor-ngidul, ga sesuai urutan lagi. Duh maafkan. Namanya juga ngeluarin uneg-uneg. Untuk intermezzo ajasih sambil nerusin The Bet. Okay intinya ini review informal seperti sebelumnya wkwkwk. See ya~💕

OH IYAA CUMA MAU BILANG KALAU KIM SEOL SI JINJOO KECIL ITU UNYU BANGET. SEKIAN.

OH IYA SAMA DI REPLY 1988 INI AKU NGERASA LEBIH BANYAK KISS SCENE DARIPADA REPLY SEBELUMNYA, MANA FRENCH KISS PULA DUH. BYE~

Advertisements

Fill this if you wanna say something about my post.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s